4 Kondisi Dimana Bayi Harus Minum Susu Formula   

4 Kondisi Dimana Bayi Harus Minum Susu Formula  

Ketika orangtua memutuskan untuk beli Dancow sebagai asupan tambahan bagi si kecil untuk masa pertumbuhannya, tentu telah melalui perhitungan matang. Terutama mempertimbangkan kebutuhan si kecil.

Tidak selalu anak bisa mendapatkan ASI eksklusif dari ibu. Bukan hanya karena faktor ibu yang tidak bisa memberikan susu karena pekerjaan, tapi juga ada kondisi lainnya. Dalam kondisi tertentu kebutuhan susu formula menjadi yang utama bagi bayi karena tidak dapat mengonsumsi ASI.

Kondisi Bayi Harus Minum Susu Formula

 

Faktor kesehatan si kecil atau ibu menjadi pertimbangan mengapa bayi harus mengonsumsi susu formula dibandingkan ASI. Beberapa kondisi berikut merupakan kondisi khusus yang membuat ibu tidak bisa memberikan ASI pada bayinya:

1.     Kondisi Bayi yang Mengalami Galaktosemia

Terdapat sebuah kondisi di mana bayi yang baru lahir tidak dapat atau kesulitan mencerna gula galaktosa yang ada dalam ASI sehingga tidak dapat mengonsumsi ASI dari ibunya, yang disebut galactosemia. Untuk memastikan asupan nutrisi untuk si kecil, terpaksa dipilih opsi memberikan susu formula.

2.     Kondisi Bayi yang Mengalami Phenylketonuria

Kondisi lain yang membuat si kecil tidak dapat mengonsumsi ASI adalah PKU atau Phenylketonuria. Kondisi ini sangat langka sehingga membuat bayi hanya dapat mengonsumsi susu tanpa kandungan asam amino phenylalanine di dalamnya.

Dalam kondisi ini, bayi masih mungkin mengonsumsi ASI. Namun, harus dengan pengawasan medis ketat. Aturan pemberian ASI dan jumlahnya ditentukan. Begitu pula dengan kesehatan ibu harus selalu dijaga dengan baik.

3.     Kondisi Ibu Mengidap Kanker Payudara

Kondisi lain yang mengharuskan Anda beli Dancow atau susu formula lainnya adalah ketika ibu menderita kanker payudara. Sebab ibu yang mengidap kanker biasanya menjalani kemoterapi yang dapat mempengaruhi kualitas ASI.

Apabila ibu yang menderita kanker tidak menjalani kemoterapi, tetap harus dilakukan peninjauan apakah bisa memberikan ASI atau tidak. Jika kondisi kesehatan kurang memungkinkan, maka pemberian susu formula perlu dilakukan.

4.     Kondisi Ibu Mengidap Tuberkulosis

Jika ibu mengidap TBC (tuberkulosis), maka juga tidak boleh menyusui bayinya seperti ibu biasanya. Bahkan untuk berdekatan dan bersentuhan langsung juga tidak diperbolehkan. Sebab TBC dapat menular melalui udara maupun sentuhan langsung.

Akan tetapi, ibu masih bisa memberikan ASI dengan cara diperah dan dimasukkan ke dalam botol dot. Dengan catatan ibu tidak mengalami mastitis TB atau lesi payudara. Apabila terdapat mastitis TB, maka harus disembuhkan dahulu baru bisa memberikan ASI.

Memberikan susu formula kepada si kecil harus sesuai usia, takaran, dan kandungan nutrisinya. Selain itu, pastikan memilih dot dan botol susu di toko online perlengkapan bayi terpercaya yang menyediakan produk terbaik sesuai kebutuhan si kecil.

Bagi Anda yang memberikan anak susu formula, jangan lupa mencukupi stok ketersediaannya di rumah. Beli Dancow dan simpan di rumah untuk persediaan si kecil. Pastikan gizi dan nutrisi selalu terpenuhi sehingga pertumbuhannya maksimal.