Tanda-Tanda Mau Melahirkan yang Harus Diperhatikan

Tanda-Tanda Mau Melahirkan yang Harus Diperhatikan

Biasanya ibu hamil akan memiliki beberapa ciri saat sudah mendekati waktu melahirkan, tidak hanya ketuban saja yang pecah. Ibu bisa memahami tanda-tanda mau melahirkan agar bisa memberikan persiapan yang matang sebelum melahirkan. Tanda-tanda ini dapat terjadi pada tubuh.

Tanda-Tanda Mau Melahirkan

  1. Sakit Punggung dan Perut Kram

Saat hari persalinan semakin dekat, Anda mungkin mengalami sakit punggung dan kram perut. Pada beberapa wanita, nyeri ini seringkali mirip dengan nyeri yang dialami saat haid. Ini karena otot dan persendian kita meregang dan bergerak sebagai persiapan untuk persalinan.

  1. Sendi Terasa Lebih Longgar

Selama kehamilan, hormon relaxin sedikit melemaskan ligamen Anda. Sebelum melahirkan, Anda mungkin memperhatikan bahwa persendian di seluruh tubuh Anda terasa sedikit lebih longgar dan rileks. Tanda-tanda ingin melahirkan ini hanyalah cara alami untuk membuka panggul agar saat persalinan, buah hati dapat lahir dengan lancar ke dunia.

  1. Mengalami Diare

Sama seperti otot-otot di rahim yang mengendur untuk persiapan melahirkan, begitu pula otot-otot lain di tubuh kita (termasuk bagian dubur). Kondisi ini dapat menyebabkan diare, yang merupakan gejala persalinan yang agak mengganggu yang dialami beberapa wanita selama kehamilan. Meski tidak nyaman dan mengganggu, tanda-tanda persalinan ini biasanya terjadi. Jika ini terjadi, pastikan untuk minum air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

  1. Merasa Sangat Kelelahan

Karena perut yang buncit, aktivitas kandung kemih yang terus menerus aktif menjadi kelelahan, Anda terkadang juga merasa kemunduran yang membuat Anda sulit (bahkan tidak mungkin) untuk tidur nyenyak setiap malam. Ini juga dapat menjadi tanda persalinan sudah semakin dekat. Cobalah untuk tidur siang setiap hari jika memungkinkan.

Namun, beberapa ibu tampak energik saat melahirkan dan tidak bisa menahan keinginan kuat untuk membersihkan dan merapikan rumah. Tidak masalah, selama tidak terlalu banyak mengonsumsi energi dan memaksakan diri.

Tanda-Tanda Mau Melahirkan Seminggu Lagi

Kehadiran si kecil sudah semakin dekat seminggu lagi. Ibu bisa memperhatikan tanda-tanda ini.

  1. Janin yang Mulai Turun ke Bawah

Ciri-ciri bayi baru lahir adalah ibu akan melihat dan merasakan janin turun ke bagian bawah atau di arah panggul. Ini terutama jika janin berada di bawah tulang rusuk dalam beberapa minggu terakhir.

  1. Serviks Mengembang

Leher rahim juga mulai bersiap untuk melahirkan. Beberapa hari atau minggu sebelum melahirkan, serviks mulai membesar (terbuka) dan menyusut (menipis). Periksa seminggu sekali dan minta dokter atau bidan Anda menggunakan tes internal untuk mengukur pelebaran dan penipisan.

  1. Berat Badan Menurun

Berat badan ibu tidak lagi bertambah. Wanita hamil sering kali mengalami penurunan berat badan menjelang akhir kehamilan. Beberapa calon ibu bahkan mengalami penurunan berat badan. Ini normal dan tidak akan mempengaruhi berat lahir bayi tetapi produksi cairan ketuban akan berkurang. Untuk informasi mengenai parenting anda dapat mengunjungi Orami Parenting.